top of page
viviyani

Cara Mengganti Timing Belt ?


Timing belt adalah sabuk (belt) bergigi yang diperkuat serat dengan menggunakan senyawa tahan lama seperti nitril yang sangat jenuh. Timing belt memungkinkan poros engkol untuk menggerakkan poros bubungan di kepala silinder pada setengah RPM poros engkol. Camshaft kemudian membuka dan menutup katup masuk dan buang mesin pada waktunya dengan gerakan dan posisi piston di dalam mesin.


Kapan Harus Mengganti Timing Belt?
  1. Setiap 60rb-90rb mil. Jika mesin dilengkapi dengan timing belt, timing belt harus diganti pada interval servis yang ditentukan oleh pabrikan kendaraan terlepas dari apakah masalah terlihat atau tidak, biasanya dalam kisaran 60.000 hingga 90.000 mil.

  2. Mesin berhenti tiba-tiba atau tidak mau hidup. Kadang-kadang, timing belt bisa putus, atau loncat, saat mesin hidup.

  3. Mesin yang kasar. Gigi yang dibentuk dan diperkuat pada timing belt menghubungkan roda gigi pada poros engkol dan poros bubungan. Setelah beberapa puluh ribu mil, gigi bisa aus atau patah, atau sabuk bisa meregang, sehingga menyebabkan sabuk melompat posisi pada poros engkol atau roda gigi camshaft. Jika sabuk melompat, mesin akan bekerja dengan buruk dan mungkin tidak bekerja sama sekali.

  4. Bunyi mesin dentuman atau denting. Pada beberapa mesin, jika timing belt melompat, piston dan katup dapat bertabrakan dan akan terjadi kebisingan dan kerusakan. Desain mesin ini disebut sebagai mesin interferensi. Jika mobil Anda mengalami gangguan mesin, mengganti timing belt sesuai dengan waktu perawatan akan meminimalkan kemungkinan kegagalan belt yang akan menyebabkan kerusakan mesin.



Bagaimana Cara Mengganti Timing Belt?

Desain mesin yang bervariasi, maka prosedur penggantian akan bervariasi, tetapi secara garis besar, prosedurnya sebagai berikut:

  1. Lepaskan kabel ground baterai.

  2. Setelah mesin dingin, setel poros engkol ke titik mati atas dengan piston nomor satu pada langkah kompresi. Lepaskan katrol poros engkol.

  3. Lepaskan semua aksesori yang mengganggu pelepasan penutup timing belt.

  4. Lepaskan penutup timing belt. Kunci camshafts, sesuai kebutuhan, dan perhatikan posisi tanda timing camshaft. Lepaskan tensioner sabuk waktu dan katrol pemalas. Lepaskan sabuk waktu.

  5. Jika mengganti water pump, lakukan saat ini, dan tentu saja tiriskan sistem pendingin terlebih dahulu. Jika termostat sistem pendingin engine hanya dapat diakses dengan penggantian water pump, termostat juga harus diganti.

  6. Pemasangan timing belt baru mencakup semua langkah di atas, dilakukan secara terbalik, mengikuti panduan ketat untuk memastikan camshaft dan crankshaft (dan balancing shaft, jika dilengkapi) berada dalam keselarasan sempurna setelah tensioner disetel.

  7. Setelah menyelesaikan pemasangan, poros engkol mesin diputar dengan tangan 720 derajat dan posisi yang benar dari tanda waktu pada poros engkol dan poros bubungan dikonfirmasi.

  8. Kendaraan diuji di jalan untuk memastikan pengoperasian normal dan stiker servis ditempelkan pada mesin yang mencantumkan tanggal penggantian belt dan jarak tempuh kendaraan.


*Perhatikan :
  • Mesin interferensi harus diperiksa dengan cermat sebelum timing belt yang rusak diganti karena mungkin mengalami kerusakan berkelanjutan yang harus diperbaiki sebelum memasang belt baru.

  • Sistem timing belt termasuk katrol pemalas dan belt tensioner. Komponen-komponen ini harus diganti bersama dengan belt.

  • Pada beberapa mobil, timing belt menggerakkan mesin water pump. Mekanik biasanya akan merekomendasikan penggantian water pump pada saat yang sama dengan penggantian timing belt.



Ingin tahu lebih lanjut mengenai produk Belt dari Timur Raya?

Informasi Lebih Lanjut Tanya Kepada Kami DISINI

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page