top of page
viviyani

Cara Mengganti Clutch/Kopling ?

Kopling adalah perangkat mekanis yang digunakan untuk menghubungkan dan melepaskan mesin untuk membantu mengubah persneling dengan memberikan tekanan pada roda gila (flywheel). Tekanan yang dilepaskan dari pelat tekanan ke roda gila memungkinkan berputar bebas.


Penggantian kopling adalah tugas yang panjang dan bisa memakan waktu berjam-jam tetapi bukan tidak mungkin untuk menggantinya sendiri. Kelebihan mekanik adalah bekerja dengan baik daripada mengganti komponen sendiri. Dibutuhkan sekitar 5 sampai 6 jam di seluruh proses.

Sebelum mengetahui tentang cara mengganti kopling mobil, perlu diketahui bahwa penggantian kopling merupakan tugas penting agar mobil dapat berjalan dengan lancar dalam waktu yang lebih lama. Terkadang, tidak ada waktu untuk lari ke mekanik saat kopling lepas, maka dapat dengan mudah mengganti kopling mobil sendiri.


Penggantian kopling membutuhkan beberapa alat dan posisi mobil yang tepat. Kit untuk mengganti kopling yang berisi semua komponen utama kopling mobil harus disediakan.

Alat yang dibutuhkan :

· Dongkrak (Jack)

· Obeng

· Pelumas

· Roda gila (flywheel) baru

· Kopling (Clutch) baru


LANGKAH 1: PARKIR MOBIL DI POSISI AMAN

Langkah pertama melibatkan hi-jacking mobil untuk menaikkan bagian depan mobil. Parkirkan mobil di posisi yang tepat untuk mempermudah prosesnya.

*Gunakan hi-jack dengan kualitas yang sangat baik untuk mengangkat mobil di atas permukaan tanah. Transmisi dan mesin mobil harus dilakukan oleh hi-jack dengan stabil.


LANGKAH 2: SIAPKAN TRANSAXLE UNTUK DILEPAS

Langkah selanjutnya termasuk melepas transaxle untuk sampai ke kopling mobil. Untuk tujuan ini, lepaskan kabel kopling dan kabel baterai positif. Cabut semua sambungan listrik dan kabel speedometer. Lepaskan dan lepaskan motor starter.


LANGKAH 3: BUKA BAUT ENGINE MOUNT

Temukan baut yang menghubungkan bell housing ke mesin belakang dan lepaskan semuanya. Kemudian lepaskan transaxle dari mesin. Turunkan dongkrak lantai dengan hati-hati dan lepaskan transmisi mobil dengan sedikit menaikkan dongkrak untuk menopang mobil serta melepas transmisi dari mesin.


Lepaskan poros penggerak (drive axle) dan prop shaft. Untuk mencapai kopling mobil, Anda harus melepas pressure plate dan menggeser Clutch Disc keluar. Pada langkah ini, Anda dapat memperbaiki atau mengganti roda gila dan menghilangkan kotoran dari crankshaft.


LANGKAH 4: GANTI KOPLING

Sebelum mengganti kopling mobil, bersihkan semua komponen agar bebas dari oli, gemuk, dan kotoran. Setelah mengganti flywheel, ganti kopling mobil dengan yang baru. Ganti dengan Clutch Disc baru dan posisikan menggunakan alat pelurus kopling. Setelah mengganti Clutch disc yang baru, kencangkan pressure plat dengan baut dan ganti transaxle.



LANGKAH 5: PASANG KEMBALI TRANSAXLE

Sebelum memasang transmisi, pasang release bearing baru dengan release lever dan dilengkapi dengan titik pivot yang telah diberi pelumas. Ujungnya adalah menyelaraskan transaxle di lubang spline dan menekan transaxle ke depan untuk memasangnya kembali hingga masuk sepenuhnya. Jangan terburu-buru. Luangkan waktu pada langkah ini dan latihlah beberapa kali kecuali sudah berhasil. Setelah transaxle disejajarkan, sekarang pasang kembali baut dan kencangkan dengan benar.


Pada langkah ini, dukung jack transmisi tambahan untuk mengamankan semua pipa, kabel, dan sambungan pemilih gigi ke transmisi.


LANGKAH 6: LEPASKAN JACK MOBIL

Setelah memasang kembali transaxle pada posisinya dan mengencangkan baut, lepaskan dongkrak secara perlahan. Tahan transmisi dan biarkan mobil turun kembali ke posisi semula. Hubungkan baterai dan isi ulang cairan kopling dengan cairan baru. Sambungkan kembali colokan listrik, saluran vakum, dan speedometer.


Ini saatnya untuk berkendara ke jalan & menguji kopling mobil yang diganti. Ambil perjalanan singkat untuk memeriksa bahwa kopling yang diganti berfungsi dengan baik.



Ingin tahu lebih lanjut mengenai produk Kampas Kopling dari Timur Raya?

Informasi Lebih Lanjut Tanya Kepada Kami DISINI

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page